Kamis, 01 Juni 2017

Istiqomah Ibarat Menanam Pohon

Istiqomah
Bismillah....
Assalamu'alaikum Sahabat PENA 

6 hari berlalu Ramadhan kita. Setiap insan memberikan ibadah terbaiknya kepada Sang Kuasa. Berusaha istiqomah melakukan kebaikan, dengan satu tujuan. Mendapat limpahan keberkahan hidup.

Istiqomah ibarat menanam pohon, menyiram, memupuk, dan menjaganya dari gangguan tangan-tangan nakal. Hingga akhirnya datang waktu yang telah dinantikan, masa panen. Menikmati buahnya adalah sebuah kesyukuran dan kebahagiaan. Begitulah istiqomah tumbuh dalam diri kita.

Tak mudah, semua butuh pengorbanan. Sama halnya ketika saya memutuskan istiqomah menulis. Beragam godaan akan silih berganti. Membuat diri ini lemah tak berdaya. Nah di sini perlunya mindset (niat). Sebelum melanjutkan istiqomah, harus ada mindset yang telah kita pupuk sedemikian subur. Sehingga keyakinan itulah yang mengokohkan jalan istiqomah kita.

Oleh karena itu sebelum melakukan segala sesuatu. Diperlukan niat, sebagaimana dalam hadits;


عَنْ أَمِيْرِ الْمُؤْمِنِيْنَ أَبِيْ حَفْصٍ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ : إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى

Artinya:

Dari Amirul Mu’minin, (Abu Hafsh atau Umar bin Khottob rodiyallohu’anhu) dia berkata: ”Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu’alaihi wassalam bersabda: ’Sesungguhnya seluruh amal itu tergantung kepada niatnya, dan setiap orang akan mendapatkan sesuai niatnya.

Jika niat menulis sekedar ingin menjadi tren/populer, maka itulah yang akan kita peroleh. Namun jika niat untuk menebar manfaat, maka kita tidak akan berhenti hingga manfaat diperoleh semua kalan.

Di sinilah letak istiqomah itu bermula. Andai popularitas telah kita raih, maka selesailah tugas kita. Lain halnya ketika kita belum menebar manfaat seutuhnya, segala penjuru akan dilalui. Hingga mencapai kebermanfaatan hidup.

Semoga bermanfaat
Tetap istiqomah✊
Wallahu a'lam bisshowab

#Day_7
#Tantangan30HariMenulis
#GrupTNB1_18
#KeepLearning
#KeepSharing
#KeepInspiring
#IndiscriptTrainingCenter

2 komentar:

  1. Mau dong mba ikut chalengge 30 hari menulis, ada grupnya kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adaaa mbk.... Sini no WAmu ta masukin😘😘😘

      Hapus