Selasa, 25 Juli 2017

Kelas Blogging Resolusi Para Blogger


Asslamu’alaikum Sahabat Pena... 

              Aku dapet beasiswa. Yes! Alhamdulillah....pasti sahabat kepo kan aku dapat beasiswa apa?? Hehe #edisipd Awalnya sih gak nyangka bisa terpilih jadi penerima beasiswa, wong aku aja baru aktif ngeblog lagi selama hampir 2 tahun. Berkumpul dengan sahabat se visi itu emang membawa berkah ya, Sahabat? Aku ngalamin loh, sampai pada titik beasiswa. Semua bagian dari takdir kali ya? Tapi, tetap saja takdir baik gak akan menghampiri mereka yang bermalas-malasan.

              Kembali lagi, bahwa segala sesuatu adalah hadiah dari hasil jerih payahmu yang dulu atau sekarang. Semua usaha selalu akan mengeluarkan hasil. Jadi, Sahabat yang udah pontang panting sana sini untuk mewujudkan impian jangan takut! Kalau esok impianmu tak kesampaian. Kenapa? Karena Allah selalu memberi yang terbaik. Boleh saja saat ini kau tak mendapatkan apa yang kau inginkan. Namun, Allah menggantikannya dengan sesuatu yang lebih baik. Contohnya nih, seorang Istri yang kehilangan Suaminya. Ia sangat terpukul dengan kepergian Sang Suami. Namun, di balik itu semua ia masih memiliki 4 orang anak sebagai pelipur lara. Bagaimana jika ia tidak memiliki anak? Mungkin ia akan lebih sengsara, namun Allah telah mengatur sedemikian rupa hingga ia tetap bahagia. Eh, back to topic... hehe jadi ngelindur.

              Sampailah aku di kelas bersama teman-teman yang lain. Kami belajar bersama. Menerima beragam materi dan langsung praktek! Wow kan? Ya iyalah kita tidak hanya menerima materi, melainkan praktek lapangan. Sampai di sini mau tau beasiswa apa yang saya terima??? Ada yang bisa jawab? Nanti saya kasih pulsa gratis loh...hehe

            Tepat hari Sabtu Tanggal 16 Bulan Juni Tahun 2017 adalah hari bersejarah dalam hidupku. Ceileh dramatis amet sih... Secara kesempatan kayak gini gak akan terulang lagi. Aku berharap esok akan mendapatkan beasiswa-beasiswa yang aku impikan. Aamiiin


         Sekarang aku kasih bocoran, beasiswanya adalah Blogging Seluk Beluk Job Review dari Tim Indscript Training Center. Bersama mentor profesional Mbk Widyanti Yuliandari sebagai ketua umum IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis). Belajar ama beliau jadi semakin membuka wawasanku tentang blogging. Sempat down di awal mau mulai ngeblog lagi. Eh pas dapet beasiswa ini jadi punya tujuan nulis. Jadi tau kekurangan ada di mana. Punya koneksi dan relasi antar blogger. Wah pokoknya banyak deh gak bisa dijabarin satu per satu. Selama 10 hari kami dibimbing sampai bisa menghasilkan. Dari mereview sebuah produk ampe cara mendapatkan rezeki lewat blogging. Mantap kan? Semakin kita belajar, semakin bodoh rasanya. Jadi haus ilmu, itu yang saya rasakan.

Ini nih hal yang perlu diperhatikan buat para blogger, sebagai berikut:

1. KEJUJURAN

Memperhatikan etika dalam menulis berita atau review sebuah produk adalah sebuah kewajiban. Kejujuran harus ada di deretan terdepan. Rezeki Allah yang mengatur, seberapa besarpun pendapatan dari Job Review, blogger perlu menimbang dampak positifnya. Ternyata jujur itu bukan hanya diucapan loh, Sahabat. Tulisan juga butuh kejujuran. Gak mau kan blog kamu menjadi sarana berita hoax?

2. KONTEN

Buatlah konten-konten yang berbobot di blogmu. Hingga banyak viewers yang bersedia menghabiskan waktunya untuk membaca tulisanmu. Inilah salah satu tugas yang sangat rumit buat para blogger pemula, termasuk diriku. Hiks menyedihkan. Tapi, semua itu proses, nikmati proses dan terima segala kritikan. So be kreatif Sahabat.

3. TAMPILAN

Foto editan di Canva

Setting blogmu dengan tampilan menarik. Hindari menggunakan baground warna hitam atau gambar yang membuat mata pembaca tidak betah berlama-lama di blogmu. Umumnya gunakanlah baground warna putih agar tulisan terbaca. Gambar blog merupakan hal yang perlu diperhatikan. Di kelas Job Review, aku dapat banyak link untuk mengedit sebuah foto agar tampil elegant. Foto tampilan blog harus enak dipandang. Menggunakan kamera 12 MP ke atas mempunyai nilai plus.

4. KONSISTEN

Konsiten menulis dan konsisten mengusung tema blog adalah yang paling utama. Seseorang gak akan mau masuk ke rumah tak berpenghuni dan kumuh bukan? Nah, sama halnya pembaca. Mereka nggak akan mau merelakan waktunya habis dengan membaca berita basi. Pembaca membutuhkan bacaan terupdate. Oleh karena itu blogger dituntut untuk selalu konsisten jika masih ingin dikatakan seorang blogger sejati.

             Ke empat unsur itulah yang saya lihat di blog mentor saya Mbk Wiwid. Beliau mengawali pembuatan blog di tahun 2008.  Pada tahun 2013 baru mulai serius ikut komunitas dan berbagai perlombaan. Di tahun ini juga awal mula beliau menyadari bahwa blog personal punya nilai lebih, jadi semakin konsisten menulis. Sehingga mendapatkan job review pada tahun 2014. 4 tahun konsiten mengelola blog hingga sekarang. Begitu panjang perjalanan beliau, sehingga aku tak mampu menjabarkannya sedetail detailnya. Itulah perjuangan, semua butuh proses.

                   Sahabat Pena di manapun anda berada, kuasailah ke empat unsur di atas. Maka traffic blogmu akan meningkat perlahan. Gak percaya? Yuk kita buktikan bersama. Peningkatan traffic blog akan memberimu beragam macam tawaran. Itu pasti, kenapa? Karena blogmu adalah bagian yang dipertimbangkan oleh Agensi. Jadilah Job Review di tangan.  Mudah bukan? Haha ... Selama ada usaha dan ikhtiar apa yang nggak mungkin sahabat. Let’s Try!


Sahabat butuh mentor??? Yuks langsung berguru ama yang profesional.