MAKALAH
PERAN PEMASARAN PRODUK DALAM MASYARAKAT
Makalah ini diajukan
untuk memenuhi tugas UAS Matakuliah Kewirausahaan
Dosen
pembimbing:
Bpk. Syaifuddin Zuhri
Disusun Oleh:
Rif’atul
Khoiriyah Malik
FAKULTAS
DAKWAH
INSTITUT
AGAMA ISLAM NURUL JADID
PAITON
PROBOLINGGO.
JANUARI
2013
KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum
Wr. Wb.
Segala puji syukur kepada Allah swt,
yang telah memberi rahmat
dan hidayahnya, kepada kita. Kami
mengucapkan alhamdulillah karena telah menyelesaikan apa yang sudah menjadi
tanggung jawab kami sebagai seorang pelajar, yakni menyelesaikan atau membuat
makalah dengan tema “Peran Pemasaran
Produk Dalam Masyarakat”.
Pertama-tama sholawat seiring salam
tetap kami panjatkan kepada nabi tercinta, atas keagungan Nabi Muhammad saw, yang telah
memberi kepintaran kepada ummatnya dari zaman kebodohan. Kedua kalinya saya
mengucapakan terima kasih kepada kedua orang tua, karena berkat dukungan
beliaulah, sehingga kami mampu menjalani semua tugas dan tetap sampai sekarang
dapat menimba ilmu dengan sungguh-sungguh. Dan tidak lupa pula kami ucapkan
terima kasih kepada dosen pembina bapak Syaifuddin Zuhri. yang telah meluangkan
waktunya untuk membimbing, dan memberi pengarahan kepada kami, sehingga penulis
dapat menyelesaikan amanah beliau dengan baik meskipun ada sedikit kekurangan.
Pada kesempatan kali ini kami akan
memaparkan sedikit pelajaran dari mata kuliah Kewirausahaan, dengan tema yang
telah saya sebutkan diatas. Harapan kami, Insya’allah, materi-materi yang
disajikan dalam makalah ini dapat bermanfaat, baik bagi kami dan bagi
teman-teman yang suatu saat akan membutuhkan materi ini. Karena itu kami dengan senang hati
mengharapakan kritik dan saran untuk perbaikan tanggungan sebagai seorang
mahasiswa khususnya kepada kami agar kedepannya bisa melaksanakan tugas dengan
baik. Kepada semua teman tercintaku yang telah ikut mendukung dan atas
partisipasinya bagi kami, kami mengucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum
Wr. Wb.
01 Januari 2013
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman Sampul.......................................................................................................... I
Kata Pengantar............................................................................................................ II
Dartar Isi...................................................................................................................... III
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang............................................................................................. 1
B. Rumusan Masalah........................................................................................ 2
C. Tujuan
Penulisan.......................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Pemasaran................................................................................... 3
B. Pengertian Manajemen Pemasaran................................................................ 4
1. Peranan pemasaran dalam memenuhi kebutuhan
dan
keinginan manusia............................................................................ 4
2. Peranan pemasaran dalam mengalirkan produk
dari
produsen
ke konsumen........................................................................... 5
3. Peran pemasaran dalam kegiatan ekonomi.............................................. 6
C. Konsep Pemasaran...................................................................................... 7
D. Peran Pemasaran Dalam Masyarakat........................................................... 8
BAB
III PENUTUP
A. Kesimpulan............................................................................................... 10
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................................. 11
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pemasaran
memilik peranan yang penting dalam masyarakat karena pemasaran menyangkut
berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang ekonomi dan social. Karena kegiatan
pemasaran menyangkut masalah mengalirnya
produk dari produsen ke konsumen, maka pemasaran menciptakan lapangan kerja
yang penting bagi masyarakat. Dengan demikian pemasaran merupakan sector yang
penting dalam pendapatan masyarakat. Disamping itu, perlu disadari bahwa
sebagian besar pengeluaran uang masyarakat konsumen mengalir ke kegiatan
pemasaran. Beberapa ahli yang telah melakukan penelitian berkesimpulan, hampir
sekitar 50% pengeluaran uang masyarakat di
Amerika Serikat adalah uang biaya-biaya pemasaran, termasuk biaya
distribusi, biaya promosi, biaya penelitian pasar, biaya pelayanan dan biaya
pengembangan produk.
Pentingnya
pemasaran dalam masyarakat, tercermin pula pada setiap kehidupan masyarakat
yang tidak terlepas dari kegiatan pemasaran yang ada. Media advertensi yang
digunakan untuk mempresentasikan produk, toko tempat kita berbelanja dan banyak
lagi, merupakan kegiatan pemasaran. Selain itu pemasaran selalu mendorong untuk
dilakukannya penelitian dan inovasi, sehingga menimbulkan terdapat
produk-produk baru. Hal ini karena pemasaran selalu berusaha menggugah dan
menarik para konsumen, sebagaimana ini membutuhkan tenaga kerja yang cukup
banyak.
Sejak lama
perusahaaan-perusahaan telah menyadari bahwa kegiatan perusahaan harus bersifat
market oriented – yaitu melakukan kegiatan sesuai dengan keinginan
pasar. Falsafah seperti ini dinamakan marketing concept – yang
dapat diartikan sebagai suatu keyakinan yang menekankan agar sikap perusahaan secara
keseluruhan (yaitu sikap di berbagai kegiatan dalam perusahaan) menekankan
kepada melayani keinginan pasar untuk menjamin agar terus-menerus mencapai
keuntungan dalam jangka panjang.
Dalam
pembahasan ini, kami akan memaparkan bentuk-bentuk pemasaran yang diliputi oleh
kegiatan pemasaran beserta konsep pemasaran produk. Dan terutama kami akan
menjelaskan terlebih dahulu pengertian pemasaran beserta peran pemasaran produk
dalam lingkungan masyarakat maupun perusahaan.
B.
Rumusan Masalah
Sebelum kami
memaparkan lebih lanjut tentang peranan pemasaran produk dalam lingkup
masyarakat maupun perusahaan, kami
sedikit menguraikannya dalam rumusan permasalahnya di bawah ini:
1.
Apakah yang dimaksud dengan pemasaran maupun menejemen pemasaran?
2.
Jelaskan peran pemasaran produk dalam masyarakat?
3.
Bagaimana menyikapi pemasaran dalam lingkungan yang berubah?
C.
Tujuan Penulisan
Adapun tujuan
kami menulis pembahasan “peran pemasaran dalam masyarakat maupun perusahaan”
adalah dengan tujuan:
1.
Untuk memahami apa maksud dari pemasaran dan menejemen pemasaran.
2.
Untuk mengenal peran pemasaran
dalam lingkungan masyarakat.
3.
Untuk mengaplikasikan pemahaman peran pemasaran, dikala kami
menduduki kursi manajer. Amin…
4.
Untuk mengerti langkah yang harus dilakukan oleh manajer dalam
menghadapi lingkungan pemasaran yang telah berubah.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Pemasaran
Pemasaran
adalah suatu system keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukaan untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan
jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli yang
potensial.
Dari
pengertian di atas, jelas menyatakan system kegiatan perusahaan untuk
mempromosikan maupun mendistribusikan barang kepada konsumen. Pemasaran sendiri
meliputi berbagai jenis kegiatan seperti riset mengenai prilaku konsumen, riset
mengenai potensi dasar, kegitan untuk mengembangkan produk baru dan kegiatan
mendistribusikan dan mempromosikan barang yang ingin di jual.
“Pemasaran
adalah hasil prestasi kerja kegiatan usaha yang berkaitan dengan mengalirnya
barang dan jasa dari produsen sampai konsumen”. Definisi American Marketing
Association 1960. Disamping pemasaran ini terdapat pula pandangan yang
lebih luas, yang menyatakan pemasaran merupakan proses kegiatan yang mulai jauh
sebelum barang-barang/bahan-bahan masuk dalam proses produksi. Dalam hal ini banyak
keputusan pemasaran yang harus dibuat jauh sebelum produk itu dihasilkan,
seperti keputusan mengenai produk yang dibuat, pasarnya, harga dan promosinya.
Pemasaran
telah didefinisikan dalam berbagai pengertian, seperti telah diuraikan di atas.
Menurut American Marketing Association, pemasaran diartiakan sebagai
hasil prestasi kerja kegiatan usaha yang langsung berkaitan dengan mengalirnya
barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Pengertian ini hampir sama dengan
kegiatan distribusi, sehingga gagal menunjukkan asas-asas pemasaran, terutama
dalam menentukan barang atau jasa apa yang akan dihasilkan. Hal ini terutama
disebabkan Karena pemasaran di atas tidak menunjukkan kegiatan usaha yang
khusus terdapat dalam pemasaran.
B.
Pengertian Manajemen Pemasaran
Manajemen
pemasaran adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan
harga, promosi, serta penyaluran barang, jasa dan gagasan untuk menciptakan
pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi.
Manajemen
pemasaran terjadi apabila sekurang-kurangnya satu pihak dari pertukaran
potensial memikirkan cara untuk mendapatkan tanggapan dari pihak lain sesuai
dengan yang dikehendaki.
Manajemen
pemasaran adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan (yang
terdiri dari kegiatan mengorganisaikan, mengarahkan, mengkoordinir) serta
mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar
tercapai tujuan organisasi secara efesien dan efektif.
Banyak
pengertian yang diberikan mengenai manajeman pemasaran. Salah satu pengertian
menyatakan, bahwa manajemen pemasaran merupakan kegiatan menganalisis, perencanaan,
pelaksanaan dan pengendalian program-program yang dibuat untuk membentuk, membangun
dan memelihara, keuntungan dari pertukaran melalui sasaran pasar guna mencapai
tujuan organisasi (perusahaan) dalam jangka panjang. Dalam pembahasan
selanjutnya, pengertian mengenai manajemen pemasaran inilah yang akan
digunakan.
1.
Peranan
Pemasaran Dalam Memenuhi Kebutuhan dan Keinginan Manusia
Setiap orang
akan berusaha memenuhi kebutuhannya dengan menggunakan atau mengkonsumsikan
produk yang ada. Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dilakukan dengan
menarik manfaat atau kegunaan suatu produk. Manfaat atau kegunaan suatu produk
dilihat dari teori ekonomi, yaitu teori yang ditimbulkan dari kegunaan
(utilitas) karena bentuk, tempat, waktu dan pemilikan.
Semakin tinggi
taraf hidup dari tingkat social suatu masyarakat, semakin banyak tingkat
pilihan masyarakat tersebut untuk memenuhi keinginan dan kebutuhannya. Dalam hal
ini, masyarakat telah meningkatkan tingkat kebutuhan dan keinginannya, dari
sekedar pemenuhan kebutuhan dan keinginan yang lebih tinggi lagi seperti
kebutuhan kepuasan pribadi. Untuk memnuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat
konsumen, pemasaran disamping berperan melakukan kegiatan penelitian produk
baru dan pengembangan produk yang ada, juga menciptakan kemungkinan product
mix dan diversifikasi produk. Semua ini dilakukan sejalan dengan
perkembangan tingkat kesejahteraan masyarakat di suatu daerah.
Bagi
pemerintah, peranan pemasaran disamping memberikan kesempatan lapangan kerja
juga sekaligus sebagai usaha untuk mendapatkan sumber pendapatan Negara baik
dari bead an cukai, penerimaan devisa Negara, pajak perseroan, dan pungutan
lainnya. Selain itu, melalui pemasaran pemerintah dapat menentukan berbagai
kebijakannya, terutama kebijakan bea masuk dan larangan import, kebijakan
subsidi harga dan kebijakan pembelian pemerintah.
2. Peranan
Pemasaran Dalam Mengalirkan Produk Dari Produsen ke Konsumen
Pada dasarnya pemasaran suatu barang
mencakup perpindahan atau aliran dari dua hal, yaitu aliran fisik dari barang
itu sendiri dan aliran kegiatan transaksi untuk barang tersebut. Aliran
kegiatan transaksi merupakan rangkaian kegiatan transaksi, mulai dari penjual
produsen sampai kepada pembeli konsumen akhir. Rangkaian kegiatan ini terjadi
sebelum produk sampai ke tangan konsumen akhir.
Mengalirnya produk dari produsen
sampai ke tangan konsumen dilakukan dengan menggunakan peralatan pengangkutan
atau transportasi dan fasilitas pergudangan. Untuk membantu kelancaran arus
kegiatan transaksi dan arus barang, maka dibutuhkan pelayanan dari perseorangan
atau organisasi lainnya. Seperti adanya pengaturan mengenai ukuran standar dari
sepatu yang dipergadangkan sehingga memudahkan transaksi jual-beli.
Kegiatan pemasaran yang telah
diuraikan di atas dapat diklasifikasikan dalam tiga bidang kegiatan, yaitu:
kegiatan transaksi atau transfer, kegiatan suplai fisik dan kegiatan yang
mempermudah arus transaksi dan arus barang. Di dalam masing-masing bidang
terdapat beberapa kegiatan yang dirincikan sebagai berikut:
1.
Bidang kegiatan
transaksi atau transfer yang meliputi:
a.
Pembelian (Buying)
b.
Penjualan (Selling)
2.
Bidang kegiatan
suplai fisik, yang meliputi:
a.
Pengangkutan (Transportation)
b.
Pergudangan/Penyimpanan
(Storage)
3.
Bidang kegiatan
penunjang untuk memperlancar arus kegiatan transaksi dan arus barang, yang
meliputi fungsi:
a.
Pembelian (Buying)
b.
Penjualan
c.
Pengangkutan
d.
Pergudangan
e.
Penjajahan (Merchandising)
f.
Standardisasi
dan Garding
g.
Pembelanjaan (Financing)
h.
Penanggungan
risiko (Risk Taking)
i.
Informasi pasar
(Market Information atau komunikasi)
3. Peranan
Pemasaran Dalam Kegiatan Ekonomi
Pemasaran, disamping diartikan sebagai kegiatan
yang dilakukan oleh setiap perusahaan dalam menyampaikan produk yang
dihasilkannya berupa barang atau jasa kepada konsumen, juga diartikan sebagai
kegiatan untuk meningkatkan kemakmuran ekonomi seluruh masyarakat. Dari
pengertian di atas, terlihat bahwa pengertian pertama bersifat mikro dan pengertian
kedua bersifat makro. Dari pandangan makro, pemasaran dilihat sebagai proses
social, yaitu proses yang dilakukan untuk menunjang tercapainya pemenuhan
kebutuhan masyarakat secara efektif dan efisien melalui pertukaran nilai-nilai
konsumsi. Suatu masyarakat membutuhkan beberapa macam system pemasaran untuk
mengorganisai kegiatan-kegiatan yang menunjang usaha peningkatan taraf hidup
masyarakat melalui pertukaran.
Pemasaran makro merupakan suatu proses social
ekonomi yang berkaitan dengan mengalirnya barang dan jasa secara ekonomis dari
produsen ke konsumen, sehingga secara efektif dapat memenuhi permintaan yang
heterogen dengan kemampuan penawaran atau suplai yang heterogen dan dapat
memenuhi tujuan-tujuan masyarakat jangka pendek
maupun jangka panjang.
Secara umum, tidak akan mungkin tercapai tujuan
pada tingkat makro tanpa ada system pemasaran makro yang efektif. Dalam hal ini
pemasaran terjadi karena dalam masyarakat terdapat kebutuhan, sehingga terjadi
proses pertukaran. Proses pertukaran terjadi dengan negosiasi yang terdapat
dalam pasar. Pasar yang dimaksud di sini, tidak selamanya terjadi tatap muka
antara pembeli dan penjual, tetapi mungkin menggunakan jaringan kerja (natwork)
yang kompleks yang menghubungkan pembeli dan penjual.
C.
Konsep Pemasaran
Adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan
bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi
kelangsungan hidup perusahaan. Menempatkan pembeli sebagai pusat kegiatan
pemasaran, kebutuhan dan keinginan pembeli harus dimasukkan ke dalam proses
produk yang ditawarkan oleh perusahaan.
Menurut (Philip Kotler, 1997:21) , konsep pemasaran adalah suatu kunci untuk mencapai keberhasilan tujuan di dalam organisasi yang terdiri dari penentuan suatu kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan konsumen secara lebih efektif dan efisien dibanding pesaing. Berikut ada beberapa konsep pemasaran yang perlu kita perhatikan, yaitu :
Menurut (Philip Kotler, 1997:21) , konsep pemasaran adalah suatu kunci untuk mencapai keberhasilan tujuan di dalam organisasi yang terdiri dari penentuan suatu kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan konsumen secara lebih efektif dan efisien dibanding pesaing. Berikut ada beberapa konsep pemasaran yang perlu kita perhatikan, yaitu :
1.
Kebutuhan
adalah suatu keadaan yang dirasakan tidak pernah mendapatkan kepuasan dan
sifatnya terletak di dalam tubuh dan kondisi manusia itu sendiri. Misalnya
kebutuhan akan sandang, pangan, dan papan.
2.
Keinginan
adalah suatu kehendak yang kuat dari dalam diri manusia akan sebuah kepuasan
terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Misalnya setiap orang
membutuhkan makan tetapi dapat dipuaskan melalui jenis makanan yang berbeda
seperti orang yang satu makan roti yang lainnya makan nasi goreng.
3.
Permintaan
adalah keinginan terhadap suatu produk-produk tertentu yang di dukung oleh
suatu kemampuan dan kemauan untuk membelinya. Misalnya banyak orang ingin mobil
Mercedes, namun hanya sedikit orang yang mampu dan mau membelinya.
4.
Produk atau
tawaran adalah sesuatu yang dapat ditawarkan kepada seseorang untuk memuaskan
suatu kebutuhan dan keinginan berupa barang, jasa maupun ide-ide.
5.
Nilai dan
kepuasan merupakan suatu dimana pembeli atau sasaran merasakan terpenuhinya
keinginan atau kebutuhannya, sehingga membuktikan produk dan tawaran berhasil.
Adapun konsep inti dari pemasaran meliputi:
1.
Kebutuhan yaitu suatu
keadaan yang dirasakan tidak ada dalam diri seseorang
2.
Keinginan merupakan kebutuhan manusia yang di bentuk
oleh kultur dan kepribadian
individu
3.
Permintaan yaitu keinginan
akan barang yang didukung oleh daya beli
4.
Produk yaitu sesuatu
yang dapat di tawarkan kepada pasar untuk mendapatkan perhatian untuk dimiliki,
digunakan, ataupun dikonsumsi untuk memenuhi suatu kebutuhan atau keinginan
5.
Pertukaran yaitu tindakan
untuk memperoleh suatu objek yang di inginkan dari seseorang dengan dengan
menawarkan sesuatu sebagai gantinya
6. Transaksi yaitu
perdagangan nilai antara dua pihak
7. Pasar yaitu himpunan
pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu produk.
D.
Peranan Pemasaran Dalam Masyarakat
Di dalam
lingkungan masyarakat, sebuah peran pemasaran sangatlah di perlukan guna untuk
menunjang segala kebutuhan hidup manusia. Peran masyarakat dalam pemasaran
sangatlah penting, dimana sikap masyarakat sangat berpengaruh pada cara
kegiatan serta pelayanan perusahaan. Dengan begitu perusahaan harus menjaga
hubungan baik dengan kelompok atau pihak-pihak yang berkepentingan.
Masyarakat
mempunyai kebutuhan terhadap peningkatan kualitas kehidupannya yang semakin
baik di masa kemudian. Masyarkat sebagai pihak eksternal merupakan sasaran
pemasaran produsen dalam lingkup makro. Kualitas kehidupan secara makro yang
lebih baik dapat diciptakan dan tersebar dalam masyarkat. Usaha-usaha tersebut
merupakan kegiatan pemasaran makro-eksternal yang sering disebut pemasaran
makro.Pemasaran makro adalah proses penyebaran
dan pengembangan kualitas hidup masyarakat.
Perekonomian
akan semakin berkembang apabila arus barang mengalir lancar dari produsen ke
konsumen. Peningkatan kegiatan masyarakat produsen dan kesinambungan antara
permintaan masyarakat konsumen dan penawaran masyarakat produsen. Pemasaran
saat ini menempatkan fokus yang kuat pada pemasaran berorientasi pelanggan.
Oleh karena itu, Pemasaran berperan penting dalam masyarakat dan mempengaruhi
kehidupan sehari-hari, menawarkan peluang yang luar biasa sebagai
profesionalitas pekerjaan.
1.
Pemasaran Dalam
Lingkungan Yang Berubah
Dalam lingkungan
yang berubah, manajemen pemasaran harus dapat berusaha agar produk yang di
keluarkan oleh perusahaan dapat bertahan di pasar.Ada beberapa kiat yang harus
di lakukan manajemen pemasaran untuk mempertahankan produknya di lingkunag yang
berubah yaitu membuat rencana pemasaran, berikut langkah-langkahnya:
·
Mendefinisika
situasi bisnis
·
Mendefinisikan
segmen pasar
·
Mempertimbangkan
keunggulan dan kelemahan produk
·
Penetapan
tujuan dan sasaran
·
Mendefinisikan
strategi pemasaran
·
Monotior
kemajuan usaha pemasaran
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Ø Pemasaran adalah suatu system keseluruhan dari
kegiatan usaha yang ditujukaan untuk merencanakan, menentukan harga,
mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan
kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli yang potensial.
Ø Manajemen pemasaran adalah suatu proses
perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta
penyaluran barang, jasa dan gagasan untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan
tujuan-tujuan individu dan organisasi.
Ø Peran masyarakat dalam pemasaran sangatlah
penting, dimana sikap masyarakat sangat berpengaruh pada cara kegiatan serta
pelayanan perusahaan. Dengan begitu perusahaan harus menjaga hubungan baik
dengan kelompok atau pihak-pihak yang berkepentingan.
Ada beberapa
kiat yang harus di lakukan manajemen pemasaran untuk mempertahankan produknya
di lingkunag yang berubah yaitu membuat rencana pemasaran, berikut
langkah-langkahnya:
·
Mendefinisika
situasi bisnis
·
Mendefinisikan
segmen pasar
·
Mempertimbangkan
keunggulan dan kelemahan produk
·
Penetapan
tujuan dan sasaran
·
Mendefinisikan
strategi pemasaran
·
Monotior
kemajuan usaha pemasaran
DAFTAR PUSTAKA
v Sukirno Sadono. Pengantar Bisnis. Jakarta.
Kencana 2011
v Assauri Sofya. Manajemen Pemasaran Dasar,
konsep dan strategi. Rajagrafindo Persada. Jakarta. Cet-11 2011.
v id.wikipedia.org/wiki/Tanggung_jawab_sosial_perusahaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar