Kamis, 27 Juli 2017

Peran Pemasaran Produk Dalam Masyarakat

MAKALAH
PERAN PEMASARAN PRODUK DALAM MASYARAKAT
Makalah ini diajukan untuk memenuhi tugas UAS Matakuliah Kewirausahaan
Dosen pembimbing:
Bpk. Syaifuddin Zuhri



Disusun Oleh:
Rif’atul Khoiriyah Malik


FAKULTAS  DAKWAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NURUL JADID
PAITON PROBOLINGGO.
JANUARI 2013


KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
            Segala puji syukur kepada Allah swt, yang telah memberi rahmat dan hidayahnya,  kepada kita. Kami mengucapkan alhamdulillah karena telah menyelesaikan apa yang sudah menjadi tanggung jawab kami sebagai seorang pelajar, yakni menyelesaikan atau membuat makalah dengan tema “Peran Pemasaran Produk Dalam Masyarakat”.
            Pertama-tama sholawat seiring salam tetap kami panjatkan kepada nabi tercinta, atas   keagungan Nabi Muhammad saw, yang telah memberi kepintaran kepada ummatnya dari zaman kebodohan. Kedua kalinya saya mengucapakan terima kasih kepada kedua orang tua, karena berkat dukungan beliaulah, sehingga kami mampu menjalani semua tugas dan tetap sampai sekarang dapat menimba ilmu dengan sungguh-sungguh. Dan tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada dosen pembina bapak Syaifuddin Zuhri. yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing, dan memberi pengarahan kepada kami, sehingga penulis dapat menyelesaikan amanah beliau dengan baik meskipun ada sedikit kekurangan.
            Pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan sedikit pelajaran dari mata kuliah Kewirausahaan, dengan tema yang telah saya sebutkan diatas. Harapan kami, Insya’allah, materi-materi yang disajikan dalam makalah ini dapat bermanfaat, baik bagi kami dan bagi teman-teman yang suatu saat akan membutuhkan materi ini.  Karena itu kami dengan senang hati mengharapakan kritik dan saran untuk perbaikan tanggungan sebagai seorang mahasiswa khususnya kepada kami agar kedepannya bisa melaksanakan tugas dengan baik. Kepada semua teman tercintaku yang telah ikut mendukung dan atas partisipasinya bagi kami, kami mengucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb. 
01 Januari 2013

                                                                                                                             
 Penulis                                                                 




DAFTAR ISI


Halaman Sampul.......................................................................................................... I
Kata Pengantar............................................................................................................ II
Dartar Isi...................................................................................................................... III
BAB I   PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang............................................................................................. 1
B.     Rumusan Masalah........................................................................................ 2
C.     Tujuan Penulisan.......................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
             A. Pengertian Pemasaran................................................................................... 3
             B. Pengertian Manajemen Pemasaran................................................................ 4
 1.  Peranan pemasaran dalam memenuhi kebutuhan
      dan keinginan manusia............................................................................ 4
 2.  Peranan pemasaran dalam mengalirkan produk dari
      produsen ke konsumen........................................................................... 5
 3.  Peran pemasaran dalam kegiatan ekonomi.............................................. 6
              C. Konsep Pemasaran...................................................................................... 7
              D. Peran Pemasaran Dalam Masyarakat........................................................... 8
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan............................................................................................... 10

DAFTAR PUSTAKA.................................................................................................. 11



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang

Pemasaran memilik peranan yang penting dalam masyarakat karena pemasaran menyangkut berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang ekonomi dan social. Karena kegiatan pemasaran menyangkut masalah  mengalirnya produk dari produsen ke konsumen, maka pemasaran menciptakan lapangan kerja yang penting bagi masyarakat. Dengan demikian pemasaran merupakan sector yang penting dalam pendapatan masyarakat. Disamping itu, perlu disadari bahwa sebagian besar pengeluaran uang masyarakat konsumen mengalir ke kegiatan pemasaran. Beberapa ahli yang telah melakukan penelitian berkesimpulan, hampir sekitar 50% pengeluaran uang masyarakat di  Amerika Serikat adalah uang biaya-biaya pemasaran, termasuk biaya distribusi, biaya promosi, biaya penelitian pasar, biaya pelayanan dan biaya pengembangan produk.
Pentingnya pemasaran dalam masyarakat, tercermin pula pada setiap kehidupan masyarakat yang tidak terlepas dari kegiatan pemasaran yang ada. Media advertensi yang digunakan untuk mempresentasikan produk, toko tempat kita berbelanja dan banyak lagi, merupakan kegiatan pemasaran. Selain itu pemasaran selalu mendorong untuk dilakukannya penelitian dan inovasi, sehingga menimbulkan terdapat produk-produk baru. Hal ini karena pemasaran selalu berusaha menggugah dan menarik para konsumen, sebagaimana ini membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak.
Sejak lama perusahaaan-perusahaan telah menyadari bahwa kegiatan perusahaan harus bersifat market oriented – yaitu melakukan kegiatan sesuai dengan keinginan pasar. Falsafah seperti ini dinamakan marketing concept yang dapat diartikan sebagai suatu keyakinan yang menekankan agar sikap perusahaan secara keseluruhan (yaitu sikap di berbagai kegiatan dalam perusahaan) menekankan kepada melayani keinginan pasar untuk menjamin agar terus-menerus mencapai keuntungan dalam jangka panjang.
Dalam pembahasan ini, kami akan memaparkan bentuk-bentuk pemasaran yang diliputi oleh kegiatan pemasaran beserta konsep pemasaran produk. Dan terutama kami akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian pemasaran beserta peran pemasaran produk dalam lingkungan masyarakat maupun perusahaan.

B.     Rumusan Masalah
Sebelum kami memaparkan lebih lanjut tentang peranan pemasaran produk dalam lingkup masyarakat maupun  perusahaan, kami sedikit menguraikannya dalam rumusan permasalahnya di bawah ini:
1.      Apakah yang dimaksud dengan pemasaran maupun menejemen pemasaran?
2.      Jelaskan peran pemasaran produk dalam masyarakat?
3.      Bagaimana menyikapi pemasaran dalam lingkungan yang berubah?


C.    Tujuan Penulisan
Adapun tujuan kami menulis pembahasan “peran pemasaran dalam masyarakat maupun perusahaan” adalah dengan tujuan:
1.      Untuk memahami apa maksud dari pemasaran dan menejemen pemasaran.
2.      Untuk mengenal peran pemasaran  dalam lingkungan masyarakat.
3.      Untuk mengaplikasikan pemahaman peran pemasaran, dikala kami menduduki kursi manajer. Amin…
4.      Untuk mengerti langkah yang harus dilakukan oleh manajer dalam menghadapi lingkungan pemasaran yang telah berubah.








BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah suatu system keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukaan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli yang potensial.
            Dari pengertian di atas, jelas menyatakan system kegiatan perusahaan untuk mempromosikan maupun mendistribusikan barang kepada konsumen. Pemasaran sendiri meliputi berbagai jenis kegiatan seperti riset mengenai prilaku konsumen, riset mengenai potensi dasar, kegitan untuk mengembangkan produk baru dan kegiatan mendistribusikan dan mempromosikan barang yang ingin di jual.
            “Pemasaran adalah hasil prestasi kerja kegiatan usaha yang berkaitan dengan mengalirnya barang dan jasa dari produsen sampai konsumen”. Definisi American Marketing Association 1960. Disamping pemasaran ini terdapat pula pandangan yang lebih luas, yang menyatakan pemasaran merupakan proses kegiatan yang mulai jauh sebelum barang-barang/bahan-bahan masuk dalam proses produksi. Dalam hal ini banyak keputusan pemasaran yang harus dibuat jauh sebelum produk itu dihasilkan, seperti keputusan mengenai produk yang dibuat, pasarnya, harga dan promosinya.
            Pemasaran telah didefinisikan dalam berbagai pengertian, seperti telah diuraikan di atas. Menurut American Marketing Association, pemasaran diartiakan sebagai hasil prestasi kerja kegiatan usaha yang langsung berkaitan dengan mengalirnya barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Pengertian ini hampir sama dengan kegiatan distribusi, sehingga gagal menunjukkan asas-asas pemasaran, terutama dalam menentukan barang atau jasa apa yang akan dihasilkan. Hal ini terutama disebabkan Karena pemasaran di atas tidak menunjukkan kegiatan usaha yang khusus terdapat dalam pemasaran.
B.     Pengertian Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta penyaluran barang, jasa dan gagasan untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi.
Manajemen pemasaran terjadi apabila sekurang-kurangnya satu pihak dari pertukaran potensial memikirkan cara untuk mendapatkan tanggapan dari pihak lain sesuai dengan yang dikehendaki.
            Manajemen pemasaran adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan (yang terdiri dari kegiatan mengorganisaikan, mengarahkan, mengkoordinir) serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai tujuan organisasi secara efesien dan efektif.
            Banyak pengertian yang diberikan mengenai manajeman pemasaran. Salah satu pengertian menyatakan, bahwa manajemen pemasaran merupakan kegiatan menganalisis, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian program-program yang dibuat untuk membentuk, membangun dan memelihara, keuntungan dari pertukaran melalui sasaran pasar guna mencapai tujuan organisasi (perusahaan) dalam jangka panjang. Dalam pembahasan selanjutnya, pengertian mengenai manajemen pemasaran inilah yang akan digunakan.
1.      Peranan Pemasaran Dalam Memenuhi Kebutuhan dan Keinginan Manusia
Setiap orang akan berusaha memenuhi kebutuhannya dengan menggunakan atau mengkonsumsikan produk yang ada. Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dilakukan dengan menarik manfaat atau kegunaan suatu produk. Manfaat atau kegunaan suatu produk dilihat dari teori ekonomi, yaitu teori yang ditimbulkan dari kegunaan (utilitas) karena bentuk, tempat, waktu dan pemilikan.
Semakin tinggi taraf hidup dari tingkat social suatu masyarakat, semakin banyak tingkat pilihan masyarakat tersebut untuk memenuhi keinginan dan kebutuhannya. Dalam hal ini, masyarakat telah meningkatkan tingkat kebutuhan dan keinginannya, dari sekedar pemenuhan kebutuhan dan keinginan yang lebih tinggi lagi seperti kebutuhan kepuasan pribadi. Untuk memnuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat konsumen, pemasaran disamping berperan melakukan kegiatan penelitian produk baru dan pengembangan produk yang ada, juga menciptakan kemungkinan product mix dan diversifikasi produk. Semua ini dilakukan sejalan dengan perkembangan tingkat kesejahteraan masyarakat di suatu daerah.
Bagi pemerintah, peranan pemasaran disamping memberikan kesempatan lapangan kerja juga sekaligus sebagai usaha untuk mendapatkan sumber pendapatan Negara baik dari bead an cukai, penerimaan devisa Negara, pajak perseroan, dan pungutan lainnya. Selain itu, melalui pemasaran pemerintah dapat menentukan berbagai kebijakannya, terutama kebijakan bea masuk dan larangan import, kebijakan subsidi harga dan kebijakan pembelian pemerintah.
2.   Peranan Pemasaran Dalam Mengalirkan Produk Dari Produsen ke Konsumen
            Pada dasarnya pemasaran suatu barang mencakup perpindahan atau aliran dari dua hal, yaitu aliran fisik dari barang itu sendiri dan aliran kegiatan transaksi untuk barang tersebut. Aliran kegiatan transaksi merupakan rangkaian kegiatan transaksi, mulai dari penjual produsen sampai kepada pembeli konsumen akhir. Rangkaian kegiatan ini terjadi sebelum produk sampai ke tangan konsumen akhir.
            Mengalirnya produk dari produsen sampai ke tangan konsumen dilakukan dengan menggunakan peralatan pengangkutan atau transportasi dan fasilitas pergudangan. Untuk membantu kelancaran arus kegiatan transaksi dan arus barang, maka dibutuhkan pelayanan dari perseorangan atau organisasi lainnya. Seperti adanya pengaturan mengenai ukuran standar dari sepatu yang dipergadangkan sehingga memudahkan transaksi jual-beli.
            Kegiatan pemasaran yang telah diuraikan di atas dapat diklasifikasikan dalam tiga bidang kegiatan, yaitu: kegiatan transaksi atau transfer, kegiatan suplai fisik dan kegiatan yang mempermudah arus transaksi dan arus barang. Di dalam masing-masing bidang terdapat beberapa kegiatan yang dirincikan sebagai berikut:
1.      Bidang kegiatan transaksi atau transfer yang meliputi:
a.       Pembelian (Buying)
b.      Penjualan (Selling)
2.      Bidang kegiatan suplai fisik, yang meliputi:
a.       Pengangkutan (Transportation)
b.      Pergudangan/Penyimpanan (Storage)
3.      Bidang kegiatan penunjang untuk memperlancar arus kegiatan transaksi dan arus barang, yang meliputi fungsi:
a.       Pembelian (Buying)
b.      Penjualan
c.       Pengangkutan
d.      Pergudangan
e.       Penjajahan (Merchandising)
f.       Standardisasi dan Garding
g.      Pembelanjaan (Financing)
h.      Penanggungan risiko (Risk Taking)
i.        Informasi pasar (Market Information atau komunikasi)
3.  Peranan Pemasaran Dalam Kegiatan Ekonomi
Pemasaran, disamping diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan oleh setiap perusahaan dalam menyampaikan produk yang dihasilkannya berupa barang atau jasa kepada konsumen, juga diartikan sebagai kegiatan untuk meningkatkan kemakmuran ekonomi seluruh masyarakat. Dari pengertian di atas, terlihat bahwa pengertian pertama bersifat mikro dan pengertian kedua bersifat makro. Dari pandangan makro, pemasaran dilihat sebagai proses social, yaitu proses yang dilakukan untuk menunjang tercapainya pemenuhan kebutuhan masyarakat secara efektif dan efisien melalui pertukaran nilai-nilai konsumsi. Suatu masyarakat membutuhkan beberapa macam system pemasaran untuk mengorganisai kegiatan-kegiatan yang menunjang usaha peningkatan taraf hidup masyarakat melalui pertukaran.
Pemasaran makro merupakan suatu proses social ekonomi yang berkaitan dengan mengalirnya barang dan jasa secara ekonomis dari produsen ke konsumen, sehingga secara efektif dapat memenuhi permintaan yang heterogen dengan kemampuan penawaran atau suplai yang heterogen dan dapat memenuhi tujuan-tujuan masyarakat jangka pendek  maupun jangka panjang. 
Secara umum, tidak akan mungkin tercapai tujuan pada tingkat makro tanpa ada system pemasaran makro yang efektif. Dalam hal ini pemasaran terjadi karena dalam masyarakat terdapat kebutuhan, sehingga terjadi proses pertukaran. Proses pertukaran terjadi dengan negosiasi yang terdapat dalam pasar. Pasar yang dimaksud di sini, tidak selamanya terjadi tatap muka antara pembeli dan penjual, tetapi mungkin menggunakan jaringan kerja (natwork) yang kompleks yang menghubungkan pembeli dan penjual.
C.    Konsep Pemasaran
Adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan. Menempatkan pembeli sebagai pusat kegiatan pemasaran, kebutuhan dan keinginan pembeli harus dimasukkan ke dalam proses produk yang ditawarkan oleh perusahaan.
           Menurut (Philip Kotler, 1997:21) , konsep pemasaran adalah suatu kunci untuk mencapai keberhasilan tujuan di dalam organisasi yang terdiri dari penentuan suatu kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan konsumen secara lebih efektif dan efisien dibanding pesaing. Berikut ada beberapa konsep pemasaran yang perlu kita perhatikan, yaitu :
1.      Kebutuhan adalah suatu keadaan yang dirasakan tidak pernah mendapatkan kepuasan dan sifatnya terletak di dalam tubuh dan kondisi manusia itu sendiri. Misalnya kebutuhan akan sandang, pangan, dan papan.
2.      Keinginan adalah suatu kehendak yang kuat dari dalam diri manusia akan sebuah kepuasan terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Misalnya setiap orang membutuhkan makan tetapi dapat dipuaskan melalui jenis makanan yang berbeda seperti orang yang satu makan roti yang lainnya makan nasi goreng.
3.      Permintaan adalah keinginan terhadap suatu produk-produk tertentu yang di dukung oleh suatu kemampuan dan kemauan untuk membelinya. Misalnya banyak orang ingin mobil Mercedes, namun hanya sedikit orang yang mampu dan mau membelinya.
4.      Produk atau tawaran adalah sesuatu yang dapat ditawarkan kepada seseorang untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan berupa barang, jasa maupun ide-ide.
5.      Nilai dan kepuasan merupakan suatu dimana pembeli atau sasaran merasakan terpenuhinya keinginan atau kebutuhannya, sehingga membuktikan produk dan tawaran berhasil.
Adapun konsep inti dari pemasaran meliputi:
1.       Kebutuhan yaitu suatu keadaan yang dirasakan tidak ada dalam diri seseorang
2.       Keinginan  merupakan kebutuhan manusia yang di bentuk oleh kultur dan kepribadian individu
3.       Permintaan yaitu keinginan akan barang yang didukung oleh daya beli
4.       Produk yaitu sesuatu yang dapat di tawarkan kepada pasar untuk mendapatkan perhatian untuk dimiliki, digunakan, ataupun dikonsumsi untuk memenuhi suatu kebutuhan atau keinginan
5.       Pertukaran yaitu tindakan untuk memperoleh suatu objek yang di inginkan dari seseorang dengan dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya
6.       Transaksi yaitu perdagangan nilai antara dua pihak
7.       Pasar yaitu himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu produk.
D.    Peranan Pemasaran Dalam Masyarakat

Di dalam lingkungan masyarakat, sebuah peran pemasaran sangatlah di perlukan guna untuk menunjang segala kebutuhan hidup manusia. Peran masyarakat dalam pemasaran sangatlah penting, dimana sikap masyarakat sangat berpengaruh pada cara kegiatan serta pelayanan perusahaan. Dengan begitu perusahaan harus menjaga hubungan baik dengan kelompok atau pihak-pihak yang berkepentingan.
            Masyarakat mempunyai kebutuhan terhadap peningkatan kualitas kehidupannya yang semakin baik di masa kemudian. Masyarkat sebagai pihak eksternal merupakan sasaran pemasaran produsen dalam lingkup makro. Kualitas kehidupan secara makro yang lebih baik dapat diciptakan dan tersebar dalam masyarkat. Usaha-usaha tersebut merupakan kegiatan pemasaran makro-eksternal yang sering disebut pemasaran makro.Pemasaran makro adalah proses penyebaran dan pengembangan kualitas hidup masyarakat.
Perekonomian akan semakin berkembang apabila arus barang mengalir lancar dari produsen ke konsumen. Peningkatan kegiatan masyarakat produsen dan kesinambungan antara permintaan masyarakat konsumen dan penawaran masyarakat produsen. Pemasaran saat ini menempatkan fokus yang kuat pada pemasaran berorientasi pelanggan. Oleh karena itu, Pemasaran berperan penting dalam masyarakat dan mempengaruhi kehidupan sehari-hari, menawarkan peluang yang luar biasa sebagai profesionalitas pekerjaan. 
1.      Pemasaran Dalam Lingkungan Yang Berubah
Dalam lingkungan yang berubah, manajemen pemasaran harus dapat berusaha agar produk yang di keluarkan oleh perusahaan dapat bertahan di pasar.Ada beberapa kiat yang harus di lakukan manajemen pemasaran untuk mempertahankan produknya di lingkunag yang berubah yaitu membuat rencana pemasaran, berikut langkah-langkahnya:
·         Mendefinisika situasi bisnis
·         Mendefinisikan segmen pasar
·         Mempertimbangkan keunggulan dan kelemahan produk
·         Penetapan tujuan dan sasaran
·         Mendefinisikan strategi pemasaran
·         Monotior kemajuan usaha pemasaran





BAB III
PENUTUP
        A.  Kesimpulan
Ø  Pemasaran adalah suatu system keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukaan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli yang potensial.
Ø  Manajemen pemasaran adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta penyaluran barang, jasa dan gagasan untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi.
Ø  Peran masyarakat dalam pemasaran sangatlah penting, dimana sikap masyarakat sangat berpengaruh pada cara kegiatan serta pelayanan perusahaan. Dengan begitu perusahaan harus menjaga hubungan baik dengan kelompok atau pihak-pihak yang berkepentingan.
Ada beberapa kiat yang harus di lakukan manajemen pemasaran untuk mempertahankan produknya di lingkunag yang berubah yaitu membuat rencana pemasaran, berikut langkah-langkahnya:
·         Mendefinisika situasi bisnis
·         Mendefinisikan segmen pasar
·         Mempertimbangkan keunggulan dan kelemahan produk
·         Penetapan tujuan dan sasaran
·         Mendefinisikan strategi pemasaran
·         Monotior kemajuan usaha pemasaran



DAFTAR PUSTAKA
v  Sukirno Sadono. Pengantar Bisnis. Jakarta. Kencana 2011
v  Assauri Sofya. Manajemen Pemasaran Dasar, konsep dan strategi. Rajagrafindo Persada. Jakarta. Cet-11 2011.
v  id.wikipedia.org/wiki/Tanggung_jawab_sosial_perusahaan